Apa hakikat Cinta ??
Bahtera kehidupan ini dimulai dari cinta. Setelah kita dianugerahi cinta, maka pada saat itu pula Tuhan menyertakan kepada hamba-hambanya  dengan seperangkat tanggung jawab sesuai kadar kemampuan manusia, sebagai bentuk aktualisasi janji yang pernah diikrarkan di alam primordial. Apa, bagaimana,  idealnya kita menjalani tanggung jawab, semua itu kembali pada pribadi masing-masing insan atas dasar apa dia bertindak, norma, agama dan worldview yang telah dianutnya. Sekilas kita melihat berbagai syariat yang berbeda namun pada hakikatnya  ia mempunyai satu esensi pada nilai esoterisnya.

Cinta itu mendorong manusia untuk berbuat   yang berarah pada keindahan.  Namun bukan cinta namanya jika tak bertanggung jawab. Segala sesuatu yang kita lakukan tanpa  dasar cinta maka ni’mat yang kita rasakan selama ini ,seketika kan menjadi  niqmah (bencana).

Ketahulaih bahwa dosa itu  sendiri lahir dari  pribadi-pribadi yang telah  sengaja mengabaikan  bahkan melallaikan  sikap tanggung jawab dalam diri  mereka…. Bersambung…