“Alangkah cepatnya semenit dibanding dengan sejam. Alangkah cepatnya sejam dibandingkan dengan sehari dan pada akhirnya alangkah cepatnya perjalananhari-hari minggu bulan dan tahun itu dibanding dengan kehadiran usia kita”.

Kemanakah gerangan kita akan diantarkan oleh pergantian malam dan siang bulan dan tahun itu? ada yang berkata kita berjalan dan terus berjalan dan akhirnya kita punah tiada lagi,Tapi itu jawaban mereka yang tidak beriman. agama mengatakan bahwa kita berjalan menuju Tuhan. al-Qurna menegaskan “ al-insyiqaq :6:
“Sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, Maka pasti kamu akan menemui-Nya”.Manusia di dunia ini baik disadarinya atau tidak adalah dalam perjalanan kepada Tuhannya. Dan bahkan. pada hakikatnya setiap detik nafas ini, Allah Swt memperingatkan hambanya dengan firmannya. innalilihai wa innailaihi rajiun.
Al-Quran sebagai kitab petunjuk mengingatkan bahwa pertemuan dengan Tuhan ada pertemuan dengan mesra dan tidak mesrah, siapa yang ingin pertemuan dengan Tuhan dengan pertemuan mesrah, maka hendaklah ia beramal sholeh, tidak mempersekutukannya, demikian firmannya.